Pentingnya Niat dalam Beramal (Bagian 1)

Dari sahabat Umar bin Khathab, bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

إِنَّمَا اْلأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ، وَإِنَّمَا لِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى، فَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ إِلَى اللهِ وَرَسُوْلِهِ فَهِجْرَتُهُ إِلَى اللهِ وَرَسُوْلِهِ، وَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ لِدُنْيَا يُصِيْبُهَا أَوِ امْرَأَةٍ يَنْكِحُهَا فَهِجْرَتُهُ إِلَى مَا هَاجَرَ إِلَيِهِ

Sesungguhnya amalan-amalan itu butuh kepada niat dan sesungguhnya setiap orang (mendapatkan balasan) sesuai apa yang ia niatkan. Maka siapa yang berhijrah kepada Allah dan Rasulnya maka hijrahnya kepada Allah dan Rasulnya dan siapa yang hijrahnya untuk dunia yang ingin dia dapatkan atau ingin menikah seorang wanita maka hijrahnya kepada apa yang ia niatkan. HR. Bukhari, Muslim.

Hadits diatas dijadikan oleh imam Bukhari sebagai pembukaan dalam menulis hadits-hadits Rasulullah shalallahu a’laihi wa sallam dalam kitabnya shohih bukhari.

Dan Ibnu Rojab mengatakan:

إشارة منه إلى أن كل عمل لا يراد به وجه الله فهو باطل لا ثمرة له في الدنيا ولا في الآخرة.

Imam bukhari mengisyaratkan bahwa setiap amalan yang tidak ditujukan untuk mencari wajah Allah maka amalan itu batil, ia tidak mendapatkan pahala di dunia dan di akherat.

Abdurrahman bin Mahdi mengatakan:

لو صنفت كتابا في الأبواب لجعلت حديث عمر بن الخطاب في الأعمال بالنيات في كل باب.

Kalau sekiranya aku mengarang sebuah kitab dalam bab-bab ilmu maka aku jadikan hadits umar bin khattab dalam masalah beramal sesuai dengan niatnya pada setiap bab ilmu.

Dan beliau juga mengatakan:

من أراد أن يصنف كتابا فليبدأ بحديث الأعمال بالنيات وهذا الحديث أحد الأحاديث التي يدور الدين عليها.

Siapa yang ingin mengarang sebuah kitab maka hendaklah ia memulai dengan hadits beramal dengan niat dan hadits ini salah satu hadits yang agama ini berotasi padanya.

Maka hendaklah setiap muslim dalam melakukan amalan dan setelah melakukan amalan selalu memperhatikan niat dalam beramal, dan menjauhi sanjungan manusia.

Ibnu mas’ud mengatakan:

لا ينفع قول إلا بعمل ولا ينفع قول ولا عمل إلا بنية ولا ينفع قول ولا عمل ولا نية إلا بما وافق السنة.

Tidak bermanfaat ucapan kecuali dengan beramal dan tidak bermanfaat ucapan dan tidak pula amalan kecuali dengan niat dan tidak bermanfaat ucapan, tidak pula amalan, tidak pula niat kecuali sesuai dengan sunnah Rasulullah shalallahu a’laihi wa sallam.

🖋 Ustadz Adevico

Related Posts

Leave a Reply